Pertemuan 1> E-COMMERCE TIKTOK SHOP
TIKTOK SHOP SEBAGAI E-COMMERCE
· Apa itu Perdagangan Elektronik atau yang biasa disingkat E-commerce?
Istilah perdagangan elektronik (e-commerce) mengacu pada model bisnis yang memungkinkan perusahaan dan individu untuk membeli dan menjual barang dan jasa melalui Internet. E-commerce beroperasi di empat segmen pasar utama dan dapat dilakukan melalui komputer, tablet, smartphone, dan perangkat pintar lainnya. Hampir setiap produk dan layanan yang dapat dibayangkan tersedia melalui transaksi e-niaga, termasuk buku, musik, tiket pesawat, dan layanan keuangan seperti investasi saham dan perbankan online. Karena itu, ini dianggapsebagai teknologi yang sangat berpengaruh.
Seperti disebutkan di atas, e-commerce adalah proses pembelian dan penjualan produk dan layanan nyata secara online. Ini melibatkan lebih dari satu pihak bersamaan dengan pertukaran data atau mata uang untuk memproses suatu transaksi. Ini adalah bagian dari industri yang lebih besar yang dikenal sebagai bisnis elektronik (e-business), yang melibatkan semua proses yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan secara online.
E-commerce telah membantu bisnis (terutama mereka yang memiliki jangkauan sempit seperti bisnis kecil) mendapatkan akses ke public dan membangun kehadiran pasar yang lebih luas dengan menyediakan saluran distribusi yang lebih murah dan lebih efisien untuk produk atau layanan mereka. Target (TGT) melengkapi kehadirannya dengan toko online yang memungkinkan pelanggan membeli segala sesuatu mulai dari pakaian dan pembuat kopi hingga pasta gigi dan action figure langsung dari rumah mereka.
· Keunggulan E-Commerce
1. Proses pembelian lebih cepat
Pelanggan dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk berbelanja apa yang mereka inginkan. Mereka dapat dengan mudah menelusuri banyak item sekaligus dan membeli apa yang mereka suka. Saat online, pelanggan dapat menemukan barang yang tersedia di toko fisik jauh dari mereka atau tidak ditemukan di wilayah mereka.
Misalnya - Rajesh adalah pelanggan yang pergi ke toko untuk membeli mesin cuci. Setelah mencari, dia menyadari bahwa dia tidak dapat menemukan produk yang dia butuhkan. Dia masuk ke pasar e-commerce populer dan menemukan mesin cuci. Hebatnya lagi ada harga penawaran khusus dan bisa diantar ke rumahnya. Di sinilah e-commerce datang untuk menyelamatkan banyak pembeli. Mereka online, mencari item, mendapatkan respon cepat dan dapat membelinya dengan cepat. Keuntungan dari e-bisnis termasuk membantu seseorang untuk memilih dari berbagai macam produk dan mendapatkan pesanan yang dikirimkan juga. Mencari item, melihat deskripsi, menambahkan ke keranjang – semua langkah terjadi dalam waktu singkat. Ujung-ujungnya pembeli senang karena barangnya sudah ada dan tidak perlu jauh-jauh.
2. Pembuatan daftar toko dan produk
Daftar produk adalah apa yang dilihat pelanggan ketika mereka mencari suatu barang. Ini adalah salah satu keuntungan dalam e-niaga dimaksudkan untuk penjual. Poin plus bisnis online ini adalah Anda dapat mempersonalisasi daftar produk Anda setelah membuatnya. Bagian terbaik? Membuat daftar membutuhkan waktu yang sangat sedikit, yang Anda butuhkan hanyalah nama atau kode produk Anda seperti EAN, UPC,ISBN, atau ASIN.
Penjual dapat menambahkan banyak gambar, deskripsi, kategori produk, harga, biaya pengiriman, dan tanggal pengiriman. Jadi, hanya dalam satu langkah Anda dapat memberi tahu pelanggan banyak hal tentang barang tersebut. Membuat daftar Anda menunjukkan kepada pembeli apa yang Anda miliki.
Aturan untuk daftar produk
• Gunakan gambar beresolusi tinggi. Gambar buram mengalihkan perhatian danmembingungkan pelanggan.
• Pertahankan dimensi gambar. Biasanya pasar e-niaga akan merekomendasikan format resolusi.
• Menyediakan beberapa tampilan produk. Beberapa situs bahkan memungkinkan Anda menyertakantampilan item 360 derajat.
• Saat menambahkan varian produk – seperti lipstik dalam nuansa berbeda – pastikan setiap varianmemiliki citra khusus.
Pedagang eceran offline hanya dapat memberikan beberapa detail tentang produk. Ini bisa merepotkan karena mereka harus terus mengulang data yang sama ke setiap pelanggan!! Di sisi lain, pasar online memberi Anda ruang untuk mendeskripsikan produk – cukup sekali dan orang yang tertarik akan membacanya. Seseorang dapat memasukkan lebih banyak informasi seperti ulasan, video demo,penawaran yang siap dan waktu pengiriman yang diharapkan.
Terakhir, listingan tetap online 24x7 sehingga pelanggan dapat melihat item tersebut kapan pun dia mau. Penjual memiliki opsi untuk menambahkan beberapa daftar atau menghapus item yang terjual habis.
3. Pengurangan biaya
Salah satu keuntungan terbesar dari e-niaga untuk bisnis yang membuat penjual tertarik pada penjualan online adalah pengurangan biaya. Banyak penjual harus membayar banyak untuk mempertahankan toko fisik mereka. Mereka mungkin perlu membayar biaya tambahan di muka seperti sewa, perbaikan, desain toko, inventaris, dll. Dalam banyak kasus, bahkan setelah berinvestasi dalam layanan, stok, pemeliharaan, dan tenaga kerja, penjual tidak menerima laba dan ROI yang diinginkan. Apa bedanya dengan toko online? - Dengan toko e-commerce, penjual dapat mengurangi pengeluaran untuk pemeliharaan toko. Toko e-commerce terjangkau dan membutuhkan investasi lebih sedikit jika dibandingkan dengan toko fisik.
Ini juga merupakan peluang bagus bagi penjual individu dan skala kecil yang ingin mendapatkanpenghasilan tetapi tidak memiliki modal awal yang diperlukan.
Tahukah Anda – '33% konsumen menggunakan ponsel mereka untuk berbelanja barang.' Pengurangan biaya.
4. Iklan dan pemasaran yang terjangkau
Penjual tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mempromosikan barangnya. Dunia e- commerce memiliki beberapa cara cepat dan terjangkau untuk memasarkan secara online. Pasar e-commerce adalah saluran visual – dan penjual benar-benar dapat memamerkan produk mereka.
5. Fleksibilitas untuk pelanggan
Keuntungan penting dari e-commerce untuk bisnis adalah bahwa penjual dapat memberikan fleksibilitas kepada pelanggan. Salah satu sorotan adalah bahwa produk dan layanan siap 24x7. Hasilnya adalahpenjual dapat menawarkan barangnya di mana saja, kapan saja.
6. Perbandingan produk dan harga
Dalam e-commerce, penjual dapat membandingkan produk menggunakan alat atau sendiri. Ini memberi mereka ide bagus tentang alternatif produk yang tersedia, tarif standar, jika kebutuhan produk tidak terpenuhi. Perbandingan lebih cepat secara online dan mencakup banyak produk - Ini membantu menghemat waktu saat membuat perbandingan ini, karena semua detail tersedia di situs belanja. Di toko fisik, penjual mungkin tidak dapat mengakses begitu banyak detail – mereka hanya memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang inventaris mereka sendiri. Ini adalah satu lagi manfaat bagi pelanggan juga. Ketika orang melihat banyak barang siap dibeli, mereka merasa lebih percaya diri untuk berbelanja.
7. Tidak ada batasan jangkauan
Penjual dengan toko fisik mungkin hanya dapat menjangkau sejumlah pembeli tertentu. Mereka dapat mengirimkan ke rumah pelanggan tetapi mungkin ada batasan jarak. Beberapa pasar e- commerce memiliki logistik dan sistem pengiriman mereka sendiri. Menjangkau lebih banyak pelanggan - Penjual yang perlu memperluas jangkauan mereka untuk menemukan pelanggan baru dapat memperoleh manfaat dari ini. Ini berlaku untuk penjual online saja dan mereka yang memiliki toko fisik. Penjual online saja dapat menghemat biaya logistik dan yakin dengan pelanggan. Penjual dengan toko fisik mulai menjual barang mereka ke pembeli lokal.
8. Respon yang lebih cepat terhadap permintaan pembeli/pasar
Setiap interaksi menjadi lebih cepat saat Anda mulai berjualan online. Pasar e-niaga menawarkan Anda logistik atau sistem pengiriman yang efisien. Artinya, pesanan pembeli dikirimkan secara efisien. Manajemen pengembalian produk adalah satu lagi poin plus yang dapat ditangani dengan cepat – Anda dapat mengembalikan pembayaran atau memberikan penggantian.
9. Beberapa mode pembayaran
Pembeli menyukai personalisasi – hal yang sama berlaku untuk membayar pesanan mereka. Pasar e-niaga mengizinkan beberapa mode pembayaran yang mencakup UPI, cash on delivery, card on delivery, net banking, EMI pada kartu kredit atau debit dan fasilitas kredit bayar kemudian.
· TIKTOK SHOP
Aplikasi TikTok adalah aplikasi untuk membuat dan menyebarkan beragam video pendek dalam format secara vertikal, yang dimainkan hanya dengan men-scroll layar ke atas maupun ke bawah. Menariknya aplikasi TikTok ini ternyata adalah hasil dari akuisisi ByteDance, sebuah perusahaan media China yang mengakuisisi Musical.ly dengan harga 1 Milliar US dollar pada tahun 2018. Kemudian setelah itu TikTok terus tumbuh secara perlahan dan mulai mengglobal. Dengan aplikasi yang kelebihannya menggunakan musik tanpa perlu takut terkena hak cipta pemiliknya, algoritma dari TikTok pula yang membuat aplikasi ini semakin populer, berbeda dengan Youtube atau Instagram, algoritma TikTok bisa menyebarkan konten pengguna siapapun tanpa melihat jumlah pengikutnya dengan mempelajari kebiasaan para pengguna aktif lebih cepat dari aplikasi lain, yang dinamakan “For Your Page”.
Aplikasi TikTok terus mengeluarkan inovasi terbaru dengan fitur-fitur terupdate untuk memanjakan para penggunanya. Aplikasi TikTok kini memang sedang trend hampir di semua kalangan untuk berekpresi.
Belanja secara online menjadi tren dan digandrungi oleh masyarakat, terlebih di era pandemi Covid-19. Hanya bemodal ponsel, Anda bisa memilih dan membeli beragam barang kebutuhan sehari-hari maupun fashion dan elektronik, dengan sangat mudah tanpa harus keluar rumah. Marketplace atau e-commerce menjadi aplikasi yang banyak diunduh di smartphone untuk memudahkan belanja. Berbeda dari Instagram Shopping atau Facebook Shops, TikTok Shop tidak akan mengarahkan pengguna ke situs web toko saatmelakukan pembelian.
Fitur tersebut adalah TikTok Shop yang resmi dirilis April 2021, di mana fitur ini memudahkan penggunabertransaksi jual beli barang secara langsung di aplikasi.
Pengguna bisa langsung berbelanja melalui TikTok tanpa harus beralih ke aplikasi lain untukmenyelesaikan transaksi pembelian. Dengan begitu, semua proses termasuk transaksi pembelian, chatting dengan penjual, hingga proses pembayaran dilakukan di dalam aplikasi TikTok.
· Keunggulan TIKTOK SHOP dibanding Online Shop lain
- Mempunyai Banyak Pengguna Aktif
Aplikasi TikTok sendiri memiliki kurang lebih 800 juta pengguna aktif dan rata-rata mereka membukaaplikasi TikTok sebanyak 8 kali dalam sehari.
Dari situ kita tau jika aplikasi ini termasuk aplikasi sosial media yang paling sering dikunjungi olehpenggunanya.
Kamu dapat menggunakan platform TikTok untuk mempromosikan produk, misalnya saja denganmenggunakan hashtag yang sedang tren dan pastinya sesuai dengan brand kamu.
- Langkah Bisnis untuk Memperluas Pasar
Salah satu langkah sebuah bisnis untuk menjangkau pasar, kamu dapat memakai fitur dari platformTikTok.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa TikTok menjadi platform media sosial yang memilikipengguna terbanyak dan paling sering dikunjungi.
Maka, kamu mempunyai peluang untuk memperluas jangkauan pasar dan bisa menarik pelanggansehingga dapat meningkatkan omzet penjualan kamu deh.
Fitur TikTok Shop ini memang diperuntukkan bagi kamu yang memiliki small business maupun bisnis yang sudah besar agar lebih mudah menjangkau konsumen.
Tapi selain itu, kamu dapat memanfaatkan TikTok ads sebagai langkah untuk memaksimalkan jangkauankonten yang kamu buat.
Sekaligus mempermudah pengguna mengunjungi laman penjualan menggunakan Call To Action (CTA)
· Cara daftar Tiktok Shop
1. Untuk mendaftarkan bisnis ke TikTok, pertama kamu harus kunjungi website TikTok Shop Seller dandaftarkan akun
2. Lalu, isi beberapa informasi mengenai bisnis dan data diri kamu berikutnya sesudah terdaftar sebagai pengguna, kamu cantumkan informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat, e-mail, danlainnya.
3. Setelah itu, masukkan informasi terkait bisnis kamu seperti nama bisnis, jenis usaha yang dijalankan,alamat toko, informasi produk, dan sebagainya.
4. Di tahap terakhir, barulah kamu mengisi informasi tentang registrasi bisnis untuk mendapatkan notifikasi verifikasi dari TikTok. Sesudah terkonfirmasi secara resmi, selanjutnya kamu dapatmenggunakan fitur TikTok shop ini untuk berjualan.
· Cara menggunakan TIKTOK SHOP
1. Buka aplikasi TikTok melalui smartphone (Android atau iOS).
2. Kunjungi akun toko resmi dari produk yang ingin dibeli.
3. Klik ikon "Shop" (gambar tas) yang muncul di halaman utama "Profile".
4. Setelah etalase produk muncul, pilih barang dengan cara scroll layar ke bawah.
5. Klik tombol "Buy Now" yang terletak di pojok kanan bawah setelah menentukan produk yang hendakdibeli.
6. Isi alamat lengkap dan order barang yang akan dibeli di di halaman "Order Summary", sepertijumlah item, warna, notes (opsional), serta metode pembayaran.
7. Terdapat tujuh opsi pembayaran yang bisa dipilih yakni Ovo, GoPay, Bank Transfer, Dana, Credit Card, Indomaret, dan Alfamart.
8. Selanjutnya, ikuti petunjuk selanjutnya hingga transaksi pembayaran selesai.
Comments
Post a Comment